Rawat Inap | 12 Juli 2017 09:30

Gedung A

Gedung A merupakan Unit Rawat Inap terpadu di RS dr Cipto Mangunkusumo yang di serah terimakan ke RSCM pada bulan Desember 2007 dan diresmikan pada tanggal 08 Mei 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Gedung A 8 lantai dengan kapasitas Gedung A saat ini 630 bed dan terdiri dari 169 kamar rawat, menempati bangunan seluas 26.000 m2. Pangsa pasar terbesar untuk layanan rawat inap Gedung A adalah pasien jaminan (Governance insurance).
Bisnis proses pelayanan Gedung A terdiri dari bisnis proses inti pelayanan pasien mulai pasien masuk melalui admisi, perawatan medis dan keperawatan pasien serta proses financial safety. Proses pelayanan rawat ini tidak terlepas dari proses pendidikan baik peserta didik kedokteran maupun keperawatan.
Dalam melakukan proses pelayanan inti, Gedung A membutuhkan dukungan dari unit penunjang proses pelayanan baik unit penunjang internal (logistik, housekeeping, aset dan pemeliharaan, informasi teknologi/IT, Sumber Daya Manusia/SDM, Diklat, Admisi) dengan fungsi kontrol proses manajemen mutu oleh top manajemen. Unit eksternal sebagai penunjang proses diantaranya korporat dan departemen medik juga sangat penting dalam proses pelayanan.
Unit Rawat Inap Terpadu Gedung A - RSCM dapat memberikan pelayanan terbaiknya untuk semua jenis pelanggan baik internal maupun eksternal. Dalam usahanya menuju peningkatkan citra pelayanan RSCM yang akan menjadi bagian dari pelayanan kesehatan nasional yang berstandar internasional, Gedung A bertekad untuk fokus pada kebutuhan pelanggan dan patient safety sebagai bentuk dari tindak lanjut continous quality improvement rumah sakit.

VISI :

Creating infinite experience for all through integrated and wonderful services, dapat didefinisikan: Menciptakan pengalaman istimewa untuk semua dan memberikan pelayanan yang mengesankan melalui rumah sakit pendidikan.

Definisi Operasional:

  1. Infinite : sesuatu beyond the expectation
    Kontinum kepuasan: basic – expected – desired – beyond expectation (infinite)
  2. Bagi Pasien: Layanan yang cepat, aman, ramah, worth it, berbasiskan evidence, nyaman, empati dan “unik”/inovatif pada saat pra, durante, dan pasca layanan
  3. Bagi Peserta didik: Memfasilitasi pelaksanaan pendidikan dan penelitian yang bermutu dengan standar internasional, suasana yang nyaman dan apresiatif, dan pengalaman belajar
    1) dengan para pakar berlandaskan profesionalisme,
    2) dalam berbagai setting pelayanan kesehatan,
    3) dengan teknologi terkini,
    4) dalam penanganan kasus-kasus khusus
  4. Bagi Staf Medik: budaya collegial, sarana kerja yang mendukung, memfasilitasi peningkatan kesejahteraan dan kondusif untuk berkarya
  5. Bagi Staf Non-Medik: beban kerja yang seimbang, memberikan kesejahteraan, merasa dihargai, mendapatkan pelatihan kompetensi, dan peluang pengembangan karir dan profesi yang menarik
  6. Bagi Masyarakat: secara proaktif memberikan promosi kesehatan

MISI :

  1. Menjalankan fungsi pelayanan rawat inap yang terpadu dan profesional
  2. Menjalankan fungsi pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kesehatan
  3. Memfasilitasi lahan pendidikan dan penelitian di bidang kesehatan
  4. Menciptakan budaya healthcare safety dan continous quality improvemet

NILAI ORGANISASI :

Commitment, Caring, Continous improvement, Consistent (4C)

  • Commitment: Semua staf mempunyai rasa keterlibatan dan rasa kesetiaan kepada organisasi, dan bersedia untuk mengusahakan pada derajat yang tinggi bagi kepentingan organisasi, demi memperlancar tercapainya tujuan organisasi.
  • Caring : semua staf dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk pasien
  • Consistent : semua staf memiliki komitment yang tinggi terhadap tugasnya sesuai dengan peraturan dan kebijakan RS
  • Continuos Improvement : dalam memberikan pelayanan, semua staf secara berkesinambungan harus mengembangkan diri ke arah lebih baik

Ruang Rawat di Gedung A harus dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pasien. Ruang perawatan yang tersedia mencakup perawatan pasien kelas 3, Kelas 2, Ruang Rawat Khusus, High Care Unit (HCU), Ruang Infeksi Imunitas Menurun  (RIIM), Ruang Isolasi Air Borne Disease, Ruang Edukasi dan Pompa ASI, Ruang Kangoroo Mother Care (KMC), Ruang Stroke Unit, Ruang Rawat Geriatri dan One Day Care Kemoterapi

Daftar Kapasitas Tempat Tidur yang Terpakai per Jenis Ruang Rawat dan per dan per Kelas Layanan

Cek Ketersediaan Bed

Demi kenyamanan pasien, waktu kunjungan pasien dibatasi yaitu siang hari pukul 11.00 s/d 13.00 WIB pada hari libur dan sore hari  pukul 17.00 s/d 19.00 WIB. Tata tertib pengunjung dipasang di lokasi strategis yang dapat dilihat oleh keluarga pasien yaitu di basement dan di depan pintu masuk.

Unit Rawat Inap Terpadu Gedung A dalam mempertahankan pelayanan yang berkualitas dan bermutu serta terstandar internasional, Gedung A RSCM telah meraih sertifikasi ISO 9001-2008, ISO 9001: 2015 dan AKREDITASI JCI.
Sertifikasi pertama yang diraih Gedung A adalah ISO 9001-2008 pada tahun 2010 dan telah lulus Resertifikasi ISO 9001:2008 kembali pada bulan Januari 2013, Tahun 2015 kembali mendapatkan resertifikasi ISO 9001;2015 dan Desember 2018 meraih kembali resertifikasi ISO ke 4.
Komitmen implementasi standar JCI dimulai sejak Th. 2011 hingga tercapainya standar JCI. Pencapaian akreditasi Joint Commission International (JCI) pada tahun 2013, tahun 2016, dan persiapan untuk akreditasi bulan April 2019, tak lepas dari komitmen dari pimpinan serta dukungan berbagai pihak dokter, perawat dan petugas pendukung lain untuk melakukan implementasi standar JCI.

Share :         

Copyrights 2017 All Rights Reserved by RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.