Departemen | 19 Juni 2017 10:09

Departemen Bedah Saraf

 

Gambaran Singkat

 

 

 

 

 

 

 

 

VISI :
Menciptakan pengalaman istimewa untuk semua melalui Academic Health System dalam bidang bedah saraf (Creating Infinite Experience for all through Academic Health System in the field of Neurosurgery) 2019

MISI :
1.Memberikan pelayanan kesehatan bedah saraf secara paripurna dan bermutu serta terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
2.Menyelenggarakan pendidikan bedah saraf yang menghasilkan lulusan unggulan, berbasis riset dalam rumah sakit bertaraf internasional.
3.Menyelenggarakan penelitian kedokteran dan penelitian pendidikan kedokteran dalam bidang bedah saraf yang bertaraf internasional, lintas disiplin untuk mengatasi dan mengantisipasi masalah kesehatan bedah saraf di masa depan.
4.Berperan aktif membantu pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam bidang pelayanan kesehatan, pendidikan dan penelitian kesehatan di bidang bedah saraf.
5.Menyelenggarakan tata kelola organisasi yang terintegrasi, efektif, efisien dan akuntabel sehingga terwujud pertumbuhan finansial serta manajemen yang handal.

 

 


Sejarah pelayanan bedah saraf di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo tidak dapat dipisahkan dari perkembangan ilmu bedah saraf di Indonesia. Pelayanan Bedah Saraf di Jakarta merupakan “cikal bakal” bedah saraf dalam arti seluas-luasnya;karena dari sinilah ilmunya dikembangkan, para spesialisnya dididik dan disebarkan, serta jangkauan pelayanannya diperluas sampai tercapai keadaan sekarang yang sudah hampir meliputi seluruh Indonesia.
Pelayanan bedah saraf dimulai sejak tahun 1948 atas prakarsa Prof. C.H. Lenshoek, bapak Neurochirurgi Belanda kelahiran Semarang yang sangat mencintai Indonesia. Dengan bantuan Palang Merah Belanda ia mendirikan klinik neurochirurgi dengan tujuan menolong korban perang yang sedang berkecamuk pada saat itu. Klinik ini belum menjadi bagian dari Rumah Sakit Pusat (C.B.Z) yang kemudian menjadi RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo. Rumah Sakit khusus bedah saraf lengkap dengan fasilitas untuk diagnosa, perawatan, operasi serta rehabilitasinya bernama Princes Margriet Hospital, terletak di Jl.Raden Saleh No. 49, Jakarta. Para spesialis bedah saraf dari perkumpulan bedah saraf Belanda secara sukarela selama 6 (enam) bulan melayani klinik Raden Saleh. Mereka ini adalah : Dr P. Hanraet, Dr. A.C. de Vet dari Wassenaar, Dr. Wiersma dari Rotterdam, Prof. Dr. Noordenbos dari Amsterdam, Dr. M.P.A.M de Groot dari Tilburg dan Prof. Dr. C.H. Lenshoek dari Amsterdam yang kemudian menjadi guru besar di Groningen. Tenaga spesialis yang terakhir yaitu Dr. P. Albert yang berkebangsaan Spanyol, setelah menunaikan kerjanya selama enam bulan, masih memperpanjang kontrak kerjanya dengan pemerintah Indonesia sampai akhir tahun 1952, karena setelah pengakuan kedaulatan tahun 1950, rumah sakit ini oleh Palang Merah Belanda diserahkan kepada Palang Merah Indonesia yang kemudian menyerahkannya kepada pemerintah Indonesia (yang pada saat itu telah mengambil RS “Raden Saleh”).
Di bulan Desember 1964 dengan pertimbangan demi pelayanan penderita yang lebih baik, maka Bagian Bedah Saraf pada dipindahkan ke gedung utama RSCM Jl. Diponegoro No. 71 menempati ruangan yang ditinggalkan oleh bagian Pulmonologi (karena dipindahkan ke Rumah Sakit Persahabatan), ruang dari bagian Neurologi dan ruang D1 dari bagian Bedah. Sejak diresmikannya Gedung Unit Pelayanan Rawat Inap Terpadu (Gedung A) RSCM tahun 2008, Departemen Bedah Saraf menempati lantai 5 di medical staff wing gedung tersebut, dengan ruang perawatan terletak di Lantai 5 Zona B Gedung A RSCM.
Saat ini, Departemen Bedah Saraf FKUI-RSCM dipimpin oleh Dr. dr. Setyo Widi Nugroho, SpBS(K).

 

Pelayanan Bedah Saraf RSCM telah melalui berbagai masa dalam pertumbuhannya. Dimulai dari Princess Margriet Hospital (sekarang Klinik Raden Saleh), pelayanan bedah saraf berpindah ke RSCM, dan saat ini berasimilasi dengan unit pelayanan terpadu RSCM (Gedung A, OK IBP, URJT, PJT, Kencana)

Perkembangan zaman mengajak pelakunya untuk turut berubah menajdi lebih baik. Pelayanan kesehatan terkini hendak mewujudkan suatu sistem pelayanan kesehatan yang berorientasi keselamatan pasien. Upaya mewujudkan keselamatan pasien dibuktikan dengan proses akreditasi yang diakui nasional (KARS) dan internasional (JCI)

Pelayanan di Departemen Bedah Saraf RSCM mencakup pelayanan Rawat Jalan, Rawat Inap, Operasi Emergensi, Operasi Terencana, operasi minimal invasif, dan pelayanan Neuroendovaskular

Departemen Bedah Saraf RSCM memiliki 6 Divisi, yaitu :

  1. Divisi Onkologi

Pelayanan unggulan:

  • Operasi tumor otak dengan menggunakan mikroskop canggih dan fluoresensi
  • Operasi tumor otak di daerah sulit seperti cerebellopontine angle
  • Operasi tumor otak daerah sella dengan pendekatan transsphenoid  

 

       2. Divisi Vaskular

Pelayanan unggulan:

  • Pelayanan neuroendovaskular untuk diagnostik, dan terapeutik pada kasus carotid cavernous fistula, aneurisma, malformasi arteriovenous, serta intervensi pada kasus stroke iskemik (non-perdarahan)

 

      3. Divisi Pediatrik

Pelayanan unggulan:

  • Operasi pada kasus-kasus spina bifida
  • Operasi kembar siam kepala          

 

      4. Divisi Trauma

Pelayanan unggulan:

  • Kamar operasi gawat darurat yang dilengkapi mikroskop canggih untuk kasus-kasus trauma dan emergensi lainnya  

 

     5. Divisi Spine

Pelayanan unggulan:

  • Operasi tumor dan penyakit degeneratif spinal dengan penggunaan mikroskop canggih

 

    6. Divisi Infeksi dan Fungsional

Pelayanan unggulan:

  • Operasi microvascular decompression untuk kasus-kasus trigeminal neuralgia dan hemifasial spasme

 

Dalam memberikan pelayan Bedah Saraf untuk masyarakat, kami departmen Bedah Saraf juga melakukan pelayanan poliklinik. Setiap harinya poli kami melayani pasien BPJS dan Umum, baik merupakan pasien  rujukan dari RS lain dari dalam dan luar kota Jakarta, pasien kontrol pasca operasi, perawatan luka pasca operasi, serta konsultasi pre dan pasca operasi.

Melalui Poli Bedah Saraf, kami bekerja multidisiplin dengan Departemen Lain Seperti Departemen Mata, Neurologi, dan THT agar pelayanan maksimal untuk pasien. Didukung pula dengan fasilitas penunjang seperti Multi Slice CT SCAN, MRI. Setiap pasien baru masuk akan kami lakukan evaluasi dalam rapat tim bedah saraf untuk menentukan rencana terbaik bagi pasien.

Saat ini pelayanan poli bedah saraf memiliki 2 poli, yaitu Poli bedah saraf RSCM dan Poli bedah saraf (Neuro Science Bedah Saraf RSCM Kencana)

 

Jadwal Poliklinik Madya

NO

HARI

NAMA

1

SENIN

Dr Mohammad Saekhu SpBS (K)

 

 

Dr Hanif G Tobing SpBS (K)

2

SELASA

DR Dr Renindra A Aman SpBS (k)

 

 

Dr David Tandian SpBS (K)

3

RABU

DR Dr Wismaji Sadewo SpBS (K)

 

 

 

4

KAMIS

Dr David Tandian SpBS (K)

 

 

Dr Samsul Ashari SpBS(K)

5

JUMAT

Dr Syaiful Ichwan SpBS(K)

 

 

Dr Setyo Widi Nugroho SpBS(K)

 

Jadwal Poliklinik Poli Neuroscience RSCM Kencana

Senin – Jumat  :  Dengan perjanjian

 

Dr. Hanif Gordang Tobing, SpBS(K)

Dosen Luar Biasa Departemen Ilmu Bedah Saraf FKUI/RSCM

Lihat Profil >>

 

Dr. dr. Setyo Widi Nugroho, SpBS(K)

Kepala Departemen Bedah Saraf FKUI/RSCM

Lihat Profil >>

 

dr. Syaiful Ichwan, SpBS(K)

Koordinator Administrasi & Keuangan Departemen Bedah Saraf FKUI/RSCM

Lihat Profil >>

 

Dr. dr. Mohamad Saekhu, SpBS(K)

Koordinator Pelayanan Masyarakat Departemen Ilmu Bedah Saraf FKUI/RSCM

Lihat Profil >>

 

Dr. dr. Wismaji Sadewo, SpBS(K)

Koordinator Penelitian & Pengembangan Departemen Bedah Saraf FKUI/RSCM

Lihat Profil >>

 

dr. Samsul Ashari, SpBS(K)

Koordinator Pendidikan Dokter Departemen Bedah Saraf FKUI/RSCM

Lihat Profil >>

 

Dr. dr. Renindra Ananda Aman, SpBS(K)

Koordinator Pendidikan Pasca Dokter Departemen Bedah Saraf FKUI/RSCM

Lihat Profil >>

 

Dr. David Tandian, SpBS(K)

Staf Medik Departemen Bedah Saraf FKUI/RSCM

Lihat Profil >>

 

Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi :
Departemen Bedah Saraf

Medical Staf Wing Gedung A Lantai 5
RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo
Jl. Diponegoro No. 71, Jakarta Pusat 10430
Telp & Fax ( 021 ) 3145554

Share :         

Copyrights 2017 All Rights Reserved by RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.