Departemen | 20 Juni 2017 13:24

Departemen Medik Orthopaedi dan Traumatologi

 

Gambaran Umum

Departemen Orthopaedi dan Traumatologi RSCM sebagai pusat rujukan nasional berkomitmen untuk memberikan pelayanan, pendidikan, dan penelitian yang terbaik. Kami memberikan pelayanan yang tepat, terintergrasi, dan berbasis penelitian dengan standar internasional. Seluruhnya kami berikan dengan manusiawi dan sepenuh hati, dengan berorientasi pada keselamatan pasien. Hal tersebut dirangkum dalam Visi dan Misi Departemen Orthopaedi dan Traumatologi 2014 – 2019.

VISI

Menjadi salah satu pusat Orthopaedi dan Traumatologi terkemuka di Asia Pasifik tahun 2019 dalam bidang pelayanan, pendidikan dan penelitian yang memberikan infinite experience untuk semua.

MISI

  1. Memberikan pelayanan Orthopaedi dan Traumatologi yang manusiawi terintegrasi dan berbasis penelitian.
  2. Merealisasikan Bone and Joint Center dalam rangka mendukung tercapainya Academic Health Center.
  3. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi yang berbasis kompetensi dengan standar internasional.
  4. Menyelenggarakan penelitian basic science dan terapan di bidang orthopaedi mempresentasikan serta mempublikasikan pada jurnal internasional.
  5. Mempunyai staf yang profesional, berintegritas, peduli, melakukan penyempurnaan berkesinambungan, serta terus belajar dan mendidik.
  6. Mewujudkan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif sehingga terwujud kesejahteraan yang berkelanjutan bagi seluruh staf.
  7. Menyelenggarakan penapisan IPTEK di bidang orthopaedi.

Departemen Orthopaedi dan Traumatologi mengkoordinasikan kegiatan pelayanan, pendidikan, dan penelitian dengan membentuk Pusat Informasi Layanan Orthopaedi dan Traumatologi (PILOT) RSCM. PILOT RSCM adalah salah satu unit kerja Departemen Medik Orthopaedi & Traumatologi RSCM di bawah Koordinator Pelayanan Masyarakat yang menjalankan fungsi one stop service. Di sini pasien dapat menanyakan urusan jaminan, rencana operasi, dan perkiraan biaya operasi dengan rinci melalui website, email, telepon, atau dengan mendatangi langsung kantor PILOT RSCM pada hari Senin-Jumat, Pukul 08.00 - 16.00 dengan alamat Jalan Diponegoro No. 71 Jakarta Pusat, 10340, Telepon: (021) 3917378, Email: pilot_rscm@yahoo.co.id , Call Center RSCM: (021) 1500135.


SOTK Departemen Medik Orthopaedi dan Traumatologi

Departemen Orthopaedi dan Traumatologi RSUPN Cipto Mangunkusomo (RSCM) merupakan pusat rujukan nasional yang memberikan pelayanan tersier dan kuartener di Indonesia. Dokter-dokter dengan kualifikasi subspesialis yang juga bergelut dalam bidang pendidikan dan penelitian (yang juga bernaung dibawah Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia) hadir untuk menangani kasus-kasus sulit dengan tingkat kerumitan yang tinggi yang tidak dapat dilakukan di tempat pelayanan kesehatan yang lain. Perlu diketahui, bahwa penanganan kasus tersebut tidak selalu dilakukan dengan jalan operasi. Berikut ini merupakan sekilas informasi yang masyarakat bisa ketahui mengenai layanan unggulan kami:

Pelvic surgery (operasi tulang panggul)

Patah tulang pada daerah tulang panggul merupakan kasus yang cukup kompleks penanganannya. Hal ini disebabkan keterlibatan organ dan pembuluh darah besar di daerah panggul, sehingga memiliki tingkat kerumitan yang sangat tinggi. Penyebab tersering dari patah tulang panggul adalah kecelakaan kendaraan berkecepatan tinggi dan sering sekali kasus inimembutuhkan tindakan segera di ruang gawat darurat.

 

           

   Contoh Kasus                                                                       

 

Rumah sakit kami dilengkapi dengan instalasi gawat darurat dengan penanganan multidisiplin (code trauma), peralatan yang lengkap dan juga dokter spesialis orthopaedi yang standby 24 jam, sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal untuk kasus-kasus seperti ini.

Mesenchymal stem cells (MSC) implantation

Teknologi stem cells (sel punca) merupakan salah satu teknologi di bidang kedokteran yang mempunyai prospek yang bagus di masa depan. Meskipun demikian, teknologi ini masih berumur sangat muda sehingga pemakaiannya di bidang kedokteran masih sangat sedikit. Akan tetapi, sebagai salah satu pusat penelitian dan pengembangan teknologi yang paling maju di Indonesia, RSCM sudah berhasil mengembangkan teknologi ini sampai ke tahap di mana sudah dapat diimplementasikan kepada beberapa kasus khusus di rumah sakit kami. Beberapa kasus yang sudah mulai menggunakan teknologi stem cells antara lain: cedera saraf belakang, cedera tulang belakang, dan cedera saraf perifer. Ditambah lagi beberapa terapi dengan stem cell yang sedang dikembangkan seperti tatalaksana untuk patah tulang paha dan cedera pada tulang rawan di sendi lutut.

Brachial Plexus Injury (cedera saraf brakhial)

Brachial plexus injury (BPI) merupakan kasus yang cukup sering ditemukan, terutama pada kasus-kasus yang melibatkan kecelakaan, baik kecelakaan lalu lintas maupun kecelakaan kerja. Cedera pada saraf brakhial menyebabkan seseorang kehilangan fungsi atau kelumpuhan dari lengan atau tangannya, tergantung dari derajat keparahan cedera saraf tersebut. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kualitas hidup dari seseorang, apalagi jika yang mengalami cedera adalah lengan dan tangan yang dominan. Oleh sebab itu, tujuan dari penangan kasus ini adalah bagaimana caranya untuk mengembalikan fungsi dari lengan dan tangan yang tidak dapat digerakkan karena kerusakan saraf.

Akan tetapi penangan kasus ini membutuhkan tingkat ketelitian dan presisi yang tinggi karena melibatkan jaringan-jaringan yang gampang sekali rusak. Oleh sebab itu harus dilakukan oleh spesialis orthopaedi dan traumatologi yang sudah sangat ahli di bidang microsurgery.

 

Skoliosis

Skoliosis merupakan kelaian pada kelengkungan tulang belakang. Kasus ini cukup sering ditemukan, terutama pada anak dan remaja. Penatalaksanaan kasus ini dapat berupa tindakan non-bedah dan bedah, tergantung dari derajat keparahan dari penyakitnya. Salah satu layanan unggulan di RSCM adalah tatalaksana bedah skoliosis dengan teknik minimal invasive surgery. Perbedaan yang mendasar dengan teknik bedah yang biasa adalah bahwa pada teknik ini luka insisi yang dibuat tidak besar, sehingga meminimalisir risiko infeksi dan jahitan yang diperlukan.

Contoh Kasus

 

Limb Salvage Surgery
Kasus-kasus tumor atau kanker pada otot atau tulang seringkali sudah sangat besar dan menginvasi ke jaringan-jaringan sekitarnya, sehingga harus diangkat atau dibuang. Pada kasus-kasus yang sangat berat, bahkan harus dilakukan amputasi pada tungkai yang terlibat. Akan tetapi, amputasi masih sangat dianggap tabu di Indonesia, sehingga pasien-pasien enggan untuk diamputasi. Oleh sebab itu, dikembangkan teknik yang dinamakan limb salvage surgery yang mengkombinasikan teknik pengangkatan jaringan tumor dan penggunaan megaprosthesis. Dengan teknik ini pasien bisa mempertahankan lengan atau tungkai bawah yang mungkin harus diamputasi sebelumnya. 

Blount Disease
Blount disease atau lebih sering dikenal sebagai kaki O di kalangan umum, merupakan masalah pada epfisis (lempeng tumbuh) yang menyebabkan pertumbuhan tulang pada tungkai bawah menjadi abnormal, sehingga tumbuh menjadi bentuk kaki yang melengkung pada anak. Jika dibiarkan akan menyebabkan rasa nyeri dan gangguan pada pola jalan pada anak yang bersangkutan.
Penatalaksaan kasus dengan kelainan bentuk tangan dan kaki pada anak-anak, akan lebih optimal ditangani oleh ahli orthopaedi dengan kualifikasi subspesialis yang telah berpengalaman pada kasus-kasus orthopaedi anak seperti ini.

 

 

Layanan Rawat Jalan

Pelayanan rawat jalan Departemen Orthopaedi dan Traumatologi RSCM memiliki 2 lini pelayanan, yaitu lini pertama yang bergabung bersama poliklinik bedah di lantai 2 gedung Unit Rawat Jalan Terpadu (URJT)/ Poliklinik RSCM dan lini kedua yaitu pusat layanan terpadu klaster tulang belakang, lutut dan bahu (spine, knee and shoulder cluster) yang berada di RSCM Kencana.

  1. Poliklinik Umum Orthopaedi RSCM

Poliklinik Umum Orthopaedi RSCM berada di lantai 2 gedung URJT/ poliklinik RSCM, bergabung dengan poliklinik bedah. Waktu pendaftaran dibuka dari pukul 08.00-12.00 sedangkan pelayanan dilakukan dari pukul 08.00 hingga selesai. Pada poli ini pasien bisa mendapatkan pelayanan konsultasi hingga tindakan diagnostik oleh dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi, dibantu oleh dokter asisten.

Poliklinik Umum Orthopaedi RSCM dapat melayani pasien umum yang menggunakan pembayaran pribadi hingga pasien jaminan yang menggunakan jaminan asuransi, perusahaan dan JKN.


Foto 1. Poliklinik Orthopaedi

 

 

  1. Poliklinik Khusus Orthopaedi (Spine, Knee, and Shoulder Cluster) RSCM Kencana

Poliklinik Khusus Orthopaedi berkedudukan di Spine, Knee and Shoulder Cluster RSCM Kencana lantai 2. Berbeda dengan Poliklinik Umum Orthopaedi, pasien diharapkan melakukan perjanjian terlebih dahulu. Pelayanan poliklinik khusus dibuka pada pukul 08.00-16.00.

Layanan Rawat Inap

Ruang Rawat Orthopaedi terdapat di Unit Rawat Inap Gedung A RSCM lantai 4. Adapun ruang rawat terdiri atas ruang rawat wanita dan pria yang dibedakan atas kelas III, II, I dan VIP. Pelayanan Rawat Inap Gedung A melayani pasien dengan metode pembayaran umum (pribadi) maupun jaminan (asuransi, perusahaan atau JKN). Selain di Gedung A, Terdapat pula Ruang Rawat di RSCM Kencana untuk pasien Poliklinik Khusus Orthopaedi di Spine, Knee, and Shoulder Cluster RSCM Kencana.


Foto 2. Selasar dan ruang rawat inap Gedung A RSCM

Layanan Kamar Operasi

Terdapat tiga jenis fasilitas kamar operasi, yaitu kamar operasi untuk kasus akut yang berkedudukan di Instalasi Gawat Darurat RSCM, kamar operasi kasus elektif, dan kamar operasi ODC (One Day Care) yang keduanya berkedudukan di Instalasi Bedah Pusat RSCM. Selain itu juga terdapat Kamar Operasi Orthopaedi di RSCM Kencana untuk pasien Poliklinik Eksekutif Orthopaedi di Spine, Knee and Shoulder Cluster.

Dalam menunjang pelayanan, Kamar Operasi Orthopaedi didukung dengan peralatan canggih seperti C-Arm, Transfusi Autologous, dan Intraoperative Nerve Monitoring System.


Foto 3. Kamar operasi dengan fasilitas lengkap dan canggih

 


Dr. dr. Andri MT Lubis, SpOT(K) (posisi sebelah kiri) dari Divisi Rekonstruksi Dewasa Hip / Knee bersama tim sedang melakukan operasi penggantian sendi lutut dengan bantuan navigasi.

 


Dr. dr. Aryadi Kurniawan, SpOT(K) (posisi tengah) dari Divisi Pediatrik bersama tim sedang melakukan operasi koreksi otot pada pasien cerebral palsy.

 


dr. Ifran Saleh, SpOT(K) (posisi tengah) dari Divisi Tulang belakang bersama tim sedang melakukan operasi koreksi kelainan tulang belakang.

 


Dr. dr. Ismail HD, SpOT(K) (posisi kedua dari kiri) dari Divisi Trauma dan Rekonstruksi bersama tim sedang melakukan operasi patah tulang paha.

 


dr. Yogi Prabowo, SpOT dari Divisi Tumor Muskuloskeletal sedang melakukan operasi penyelamatan tungkai dengan implant megaprostesis

 


dr. Wildan Latief, SpOT (posisi kanan) dari Divisi Hand and Microsurgery bersama tim sedang melakukan bedah mikro pada tangan.

 

Dalam rangka menunjang kegiatan pelayanan, pendidikan, dan penelitian, Departemen Orthopaedi dan Traumatologi menjalin kerja sama dengan rumah sakit dalam negeri dan luar negeri. Rumah sakit tersebut adalah:
1.RSUP Fatmawati, Jakarta
2.RSUP Persahabatan, Jakarta
3.RSPAD Gatot Subroto, Jakarta
4.RSUD Koja, Jakarta
5.RSUD Kab. Tangerang
6.RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, Klaten
7.RSUD Jombang
8.RSU dr. Soedarso, Pontianak
9.RS Orthopaedi Purwokerto
10.RS Siaga Medika Banyumas
11.RS Siaga Medika Pemalang
12.Orthopaedic Department, Chiang Mai University, Thailand
13.University of Hiroshima, Jepang (dalam proses)

 

Pusat Informasi Layanan Orthopaedi Traumatologi (PILOT)
Departemen Medik Orthopaedi & Traumatologi RSCM

Jalan Diponegoro No. 71 Jakarta Pusat, 10340
Telepon                  : (021) 3917378
Email                     : pilot_rscm@yahoo.co.id
Call Center RSCM :  (021) 1500135
Buka Jam Kerja     : Senin-Jumat 08.00 - 16.00

http://www.orthoui-rscm.org/

Share :         

Copyrights 2017 All Rights Reserved by RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.