Layanan Unggulan | 21 Juni 2017 12:04

Unit Pelayanan Onkologi dan Radiasi

PROFIL

Komitmen kami untuk menemani sahabat dan keluarga dalam berjuang melawan kanker dengan SENYUM dan KEHANGATAN.

“Continuous Improvement” adalah budaya kerja kami dalam memberikan pengobatan radiasi yang berbasis Quality, Evidence Based, Safety dan Paripurna bagi seluruh masyarakat.

Sebagai Rumah Sakit Pusat Rujukan Nasional, kami berkomitmen untuk tidak hanya memberikan pelayanan radioterapi, tetapi juga berperan dalam penelitian serta pendidikan dan pelatihan dalam bidang radioterapi. Pelayanan radioterapi yang kami berikan adalah pelayanan yang capat, diandalkan, bermutu tinggi dan terkini baik dari segi teknologi, ilmu pengetahuan maupun pengalaman. Kami merupakan perintis pelayanan teknologi radioterapi modern di Indonesia, seperti Intensity Modulated Radiotherapy (IMRT), Stereotactic Radiosurgery (SRS), Stereotactic Radiotherapy (SRT), 4D Adaptive Image Guided Radiotherapy (IGRT)  sejak 2009. Kami juga berkomitmen untuk melayani pasien kanker yang membutuhkan radioterapi tanpa daftar antrian dan hal ini berlaku untuk seluruh pasien. Kami juga telah membangun sistem bekerjasama dengan rumah sakit lain dalam hal rujukan, sehingga dapat dilakukan rujukan langsung seperti RSPAD Gatot Subroto,  RS Persahabatan dan RS Pusat Otak Nasional (PON). 

Saat ini penyakit kanker dan pengobatannya masih dianggap menakutkan bagi banyak orang. Namun seharusnya tidaklah demikian. Pelayanan dengan senyum dan komitmen pada pasien adalah nilai utama yang kami pegang teguh dalam layanan.

Dalam menjalani kegiatan pelayanan, penelitian dan pendidikan serta pelatihan arah dan prioritas strategi Unit Pelayanan Onkologi dan Radiasi dapat dilihat dari visi, misi dan tata nilai.

Visi:

Providing new hope through infinite cancer care experience

Misi:

  • Menjalankan pelayanan terapi radiasi mutakhir dengan standar kualitas internasional secara pelayanan serta radiation and patient safety namun tetap terjangkau
  • Menjalankan fungsi pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi di bidang radioterapi, fisika medik dan keteknisan radioterapi di tingkat nasional
  • Berperan aktif dalam penelitian multidisiplin nasional dan internasional
  • Menjalankan manajemen professional berbasis SMART

Budaya Organisasi:

Continuous Improvement melalui 5 CS

  • Compassion, Communication, Commitment, Collaboration dan Consistent
  • Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun

Tata Nilai:

  • Profesional, inovatif dan kreatif dalam bekerja untuk kepentingan pasien
  • Kebersamaan untuk keamanan, keselamatan, kesejahteraan dan kepuasan bersama (pelanggan internal dan eksternal)
  • Berubah, maju, disiplin, sadar, peduli, loyal dan tanggung jawab
  • Humanitas 

Kebijakan Mutu:

Unit Pelayanan Onkologi dan Radiasi sebagai unit pelayanan di bidang kesehatan yang melayani pasien yang membutuhkan pengobatan radiasi bertekad untuk memuaskan pelanggan melalui:

  • Menciptakan produk layanan yang berkualitas
  • Memberikan pelayanan terbaik terhadap pasien dan pelanggan lainnya
  • Mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki
  • Meningkatkan kinerja dengan memperbaiki sistem manajemen mutu secara terus menerus

Pelayanan radioterapi yang telah kami selenggarakan sejak tahun 1927 merupakan pusat pelayanan radioterapi pertama di Indonesia dan hingga saat ini terus mengikuti perkembangan teknologi yang ada sehingga pelayanannya sebanding dengan pusat rujukan kanker di Asia.

Dalam lingkungan nasional, Unit Pelayanan Onkologi dan Radiasi RSCM dipandang sebagai pusat pelayanan radioterapi tersier yang memiliki peralatan terlengkap dan mampu melakukan teknik radiasi tertinggi. Hal ini sesuai dengan perannya sebagai pusat pendidikan dan pusat rujukan nasional. Dengan peran tersebut lingkungan pemerintah menjadikan Unit Pelayanan Onkologi dan Radiasi RSCM sebagai mitra dalam hal ekspertise dan saran mengenai kebijakan terkait. Kementerian Kesehatan dalam menyusun kebijakannya menjadikan Departemen Radioterapi RSCM sebagai bagian dari tim penyusun, demikian pula halnya dengan BATAN dan BAPETEN. Selain itu khusus untuk BATAN selaku liaison officer dari IAEA untuk Indonesia selalu berhubungan dengan Unit Pelayanan Onkologi dan Radiasi RSCM mengenai program – program kerjasama yang terkait.

Dalam proses peningkatan mutu pelayanan, Sertifikasi ISO 9001 2008 telah diterapkan sejak Desember 2009 dan hingga saat ini telah 10 kali surveilance dengan berbagai temuan rekomendasi yang telah ditindaklanjuti.

Unit Pelayanan Onkologi dan Radiasi berusaha menjalankan perannya untuk membimbing pusat pelayanan radioterapi di daerah melalui jejaring pelayanan dan visitasi bersama program Perhimpunan Dokter Spesialis Onkologi Radiasi Indonesia (PORI) dengan kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan onsite dan supervisi langsung oleh tim ahli dari Unit Pelayanan Onkologi dan Radiasi RSCM.

Kegiatan lainnya bahwa sejak tahun 2009, Unit Pelayanan Onkologi dan Radiasi bekerjasama dengan PORI melakukan program audit QUATRO yang  bertujuan untuk memastikan pelayanan yang dilakukan di daerah berjalan dengan aman sesuai standar IAEA. Hasil dari audit QUATRO berupa rekomendasi kepada beberapa pusat radioterapi yaitu: RS. Pertamina, RSUD Soetomo, RSUP Sardjito, RS MRCC Siloam, RS Kanker Dharmais, RS M Djamil, RS M. Hoesin dan RS Wahidin Sudirohusodo.

Selain menjalankan proses pelayanan, pendidikan dan penelitian, sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar, Unit Pelayanan Onkologi dan Radiasi aktif dalam melakukan kegiatan sosial pada pasien, keluarga pasien maupun masyarakat sekitar. Kegiatan yang dilakukan antara lain:

  • Makan Siang Gratis Bagi Pasien JKN Non Mandiri
  • Makanan Sehat Gratis Per 2 Minggu
  • Rumah Singgah  dan Transportasi Gratis (RSCM – YKI – CISC)
  • Makanan Sehat Bagi Pasien Anak
  • Paket Makanan Sehat Bagi Pasien Kanker RSCM
  • Sunat Massal

 

Share :         

Copyrights 2017 All Rights Reserved by RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.